Kurniawan, Lydia and Tikkos Sitanggang, Tikkos Sitanggang and Aang Syahdina, Aang Syahdina and Swesti Mahardini, Swesti Mahardini and Henni Handari, Henni and Malik Hidayat,S.Ag.,M.Pd, Malik Hidayat,S.Ag.,M.Pd Laporan PKM Green Education Untuk Mengembangkan Karakter Entrepreneurship Siswa/i LBBP D’King Study. STIE YAI. (Unpublished)
Text
Lap PKM Lydia dkk Green Edu.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan hidup bagi siswa/i. Peran sekolah dalam menyiapkan generasi muda yang mendukung kelestarian lingkungan hidup sangatlah penting. Perubahan karakter siswa akan berhasil jika proses pendidikan diarahkan untuk lingkungan (for environment), mendidik langsung di lingkungan (in environment), mendidik tentang lingkungan (about environment). Konsep ini dirumuskan dalam istilah green education. Selain itu pengembangan skill entreprneurship melalui green economy perlu dikembangkan sejak dini. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini meliputi presentasi, ceramah dengan tanya jawab, dan praktik. Pada tahap persiapan, tim pengabdian masyarakat melakukan survei untuk mengetahui kondisi dan menganalisis tempat yang akan digunakan untuk pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya tim menyiapkan materi yang akan diberikan dalam memberikan pelatihan kepada peserta pengabdian masyarakat. Tahap pelaksanaan dimulai dengan penyampaian materi konsep Green Economy dan Green Education , mengenal konsep proses bisnis dan langkah-langkah untuk pembuatan proposal bisnis sederhana. Saat menyampaikan materi, tim pengabdian masyarakat melakukan sesi tanya jawab dengan para peserta yang diharapkan dapat terjadi interaksi antara para dosen abdimas dengan peserta. Tahap terakhir adalah tahap evaluasi dimana diberikan pelatihan singkat mengenai pembuatan proposal bisnis sederhana. Setelah kegiatan pengabdian selesai, maka dilakukan wawancara lanjutan mengenai dampak pelaksanaan kegiatan pengabdian. Berdasarkan hasil umpan balik yang diperoleh, informasi bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan peserta. Mereka merasa mendapatkan wawasan dan keterampilan yang berguna. Para siswa/wi kursus merasa sangat senang dan terbantu dengan pelatihan yang diberikan, dengan adanya pengetahuan ini nantinya akan memberikan mereka kemudahan dalam melakukan penyusunan proposal bisnis sederhana dalam rangka mencipkan jiwa muda entrepreneurship sedari dini. Sesuai dengan hasil wawancara, diketahui perubahan yang terjadi setelah mengikuti kegiatan ini pemahaman para siswa/i kursus mengenai konsep green education dan green economy meningkat. Keberhasilan pelaksanaan integrasi green education dan green economy dapat berhasil dengan maksimal jika komponen pemerintah sebagai pemangku kebijakan, institusi pendidikan berupa sekolah, dan pelaku bisnis sebagai mitra dapat bekerja sama secara berkesinambungan. Kata Kunci: green education, green economy, karakter dan entrepreneurship
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Depositing User: | SE MAk Lydia Kurniawan STIE YAI |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 09:19 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 09:19 |
URI: | http://repository.stie-yai.ac.id/id/eprint/1703 |
Actions (login required)
View Item |